Kamis, 07 November 2013

Komunikasi Politik Jokowi Disebut Paling Bagus, Megawati Buruk

Lembaga Demokrasi Bertanggungjawab (LDB) meluncurkan hasil riset tentang efektivitas komunikasi politik bakal calon presiden di Pemilu 2014. Nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di urutan pertama sebagai bakal capres paling bagus, disusul oleh Jusuf Kalla (JK) dan Prabowo Subianto.

Komunikasi politik Jokowi disebut paling bagus, Megawati buruk


Direktur Eksekutif LDB Tjipta Lesmana menjelaskan, pihaknya melakukan analisis terhadap 11 tokoh dengan parameter komunikasi politik yang dinilai paling layak. Seluruhnya dinilai dari konteks, penampilan, pesan, bahasa non verbal, kualitas suara, humor.

"Kekurangan Jokowi humor, hampir tidak ada. Kekuatan Jokowi itu bisa nempel dekat dengan audiens, bicara langsung, bahasa sederhana, Jokowi bicara selalu problem solving, to the point apa adanya," ujar Tjipta dalam peluncuran hasil penelitian di LDB, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/11).

Sementara Jusuf Kalla, Tjipta menambahkan, keunggulan JK selalu berkata dan berucap dengan jalan keluar. JK, tambah dia, juga memiliki humor yang baik sebagai calon pemimpin.

"Banyak pakar komunikasi politik harus suara keras. Tidak selalu, kalau orang menyerang-nyerang terus ini buku sudah mengatakan demikian kalau komunikasi politik menyerang terus bisa back fire, rakyat jenuh kerjaannya nyerang problem solving enggak ada," ujar dia.

"JK hampir enggak pernah suara keras tapi konteks rendah, kekuatan selalu problem solving. JadiJK dari segi komunikasi politik bagus, humor sering juga, cuma kekurangan body language sangat kurang penampilan bagus, JK hampir tidak pernah menggurui segi komunikasi politik bagus sekali," tegas dia.

Sementara di urutan ketiga, ada Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menurut dia, Prabowo mirip Bung Karno dari sisi komunikasi politik.

"Ada mirip-mirip profil mirip Bung Karno suara tinggi sekali, problem solving ada, cuma kurang merakyat, beda dengan Jokowi dia bisa nempel dengan rakyat," tutur dia.

Namun anehnya, seorang Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri yang sudah bertahun-tahun berada di dunia politik justru ada di urutan ke 10. Jauh di bawah Jokowiyang notabene adalah senior dari Jokowi.

Tjipta membantah dirinya menjadi salah satu relawan atau yang mendukung Jokowi. "Tidak saya bukan relawan Jokowi," kilah dia.

Berikut hasil analisis LDB, tokoh yang dinilai punya komunikasi politik paling bagus:

1. Joko Widodo (Jokowi) (85).
2. Jusuf Kalla (81).
3. Prabowo Subianto (78).
4. Anies Baswedan (75).
5. Surya Paloh (73).
6. Gita Wirjawan (70).
7. Aburizal Bakrie (68).
8. Wiranto (67).
9. Dahlan Iskan (65).
10. Megawati Soekarnoputri (63).
11. Pramono Edhie (63).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar