Permintaan pasar terutama industri untuk perawatan alat-alat ukur yang dimilikinya tak pelak memberikan efect pada menjamurnya jasa-jasa kalibrasi.

Karena untuk menjamin hasil pengukuran dari suatu alat mendapatkan angka yang mendekati kebenaran salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan kalibrasi yaitu membandingkan besaran yang dihasilkan instrumen tersebut dengan standar yang tertelusur.

Investasi dengan jumlah yang besar terhadap standar yang tertelusur ini mungkin menjadi alasan bagi perusahaan untuk tidak melakukan kalibrasi terhadap alat ukur mereka sendiri.

Mereka lebih suka menyerahkan tugas tersebut pada laboratorium yang memberikan jasa kalibrasi, yang tentunya sudah mendapatkan akreditasi dari lembaga yang kompten di bidang akreditasi laboratorium. Selain praktis, dan mungkin lebih efisien dari sudut pandang biaya, hasil kalibrasi yang mereka dapatkan tentu juga lebih memuaskan karena kalibrasi dilakukan oleh orang-orang yang kompeten dari laboratorium penyedia jasa kalibrasi ini.

Manfaat Menggunakan Jasa Kalibrasi :
  1. Dengan adanya kalibrasi yang dilakukan oleh kalibrator yang kompeten tentu akan lebih menjaga kondisi alat ukur tetap terkontrol sesuai dengan spesifikasinya.
  2. Hasil kalibrasi yang menjamin kebenaran alat ukur tentu akan mempermudah kita dalam menganalisa masalah yang terjadi dalam produksi.

Misalnya : Jika ada produk yang spesifikasinya tidak sesuai dengan standar yang ada, maka kita bisa menyimpulkan bahwa masalah tersebut terjadi bukan berasal dari instrumen yang kita pakai, karena kita sudah menjamin bahwa alat tersebut masih sesuai dengan spesifikasinya dengan adanya kalibrasi yang dilakukan oleh kalibrator dari jasa kalibrasi tersebut.

sebagian dikutip dari sumber : http://kalibrasi.org/jasa-kalibrasi/