Jumat, 18 Oktober 2013

Berlebaran Di Rumah Alm. Ayah/Ibunda (1434 H - 2013 M)


Alm/almh Ayah/Ibunda
Sedih rasanya mudik jika yang dituju sudah tidak ada. Terbayang ketika dulu pulang kampung kebahagiaan di kedua mata alm/almh ayah dan ibunda menyambut anaknya yang sudah lama tidak kembali. Terlihat rumah yang dari kecil kutinggali sudah tidak se-semerbak dulu tatkala masih ada keduanya. Rumah kelihatan muram kurang terawat, atapnya pada bocor. Duh...!

Si Bungsu
Sedih campur haru apalagi ketika melihat masih ada adik bungsu yang belum mandiri. Sedih belum ada yg menanggungjawabinya, belum jelas bagaimanan masa depannya, belum jelas juga pekerjaannya. 

Kami Sholat Ied di Masjid Nur Alannur yang terletak di seputaran Komplek Kantor Bupati Madina - Panyabungan. Jarak tempuh dari rumah ke masjid ini kurang lebih 5 km.


Masjid Nur Alannur - Komplek Kantor Bupati Madina - Panyabungan

Sebelum berangkat ke masjid untuk Sholat Ied terlebih dahulu berphoto-ria untuk kenang-kenangan dan dokumentasi pribadi, sesudah maaf-maafan tentunya. Soalnya jarang-jarang nih pada ngumpul begini, karena tinggalnya berjauhan satu sama lain, ada yang dari Padangsidempuan yaitu abanganda dan keluarga, adik laki-laki bungsu dari Sipolupolu dan saya dan keluarga dari Lubuk Pakam. Kebetulan ada 2 orang adik (laki-laki dan perempuan) dan 1 kakak dan keluarganya yang tidak ikut bergabung karena masing-masing berlebaran di rumah mertuanya. Adik yang laki-laki di Padangsidempuan dan adik yang perempuan di Batahan - Kec. Natal. Oiya si kakak serta suami datang dan bergabung selesai Sholat Ied, tinggalnya sekitar 15 km dari rumah yaitu di Sinonoan - Siabu.


Panyabungan - 1 Syawal 1434 H
Selesai Solat Ied di masjid dilanjutkan dengan acara Ziarah Kubur ke makam alm/almh Ayah dan Ibunda tercinta. Ada rasa sedih, haru ketika di depan makam mereka kami ramai-ramai membacakan Surat Yasin dan Do'a Bersama untuk keduanya. Semoga keduanya diterima amal ibadahnya dan diampunkan segala kesalahan dan kekhilafannya selama hidup di dunia yang fana ini. Kiranya Allah SWT menjabah dan mengabulkan permohonan kami. Amin.. Ya Allah...


Keluarga Besar HM.NASUTION, BA - 1 Syawal 1434 H
Sepulang berziarah kami kembali ke rumah dan menikmati "Lontong Special" buatan Kak Ijah yang sudah dipesan beberapa hari sebelum harti H. Maklum di rumah sudah tidak ada orang, jadi terpaksa deh semua masakan instan. Nikmatnya lumayan juga, bolehlah...maknyus istilah siapa tuh yang di TV! Bondan..yuph!


Sholat Ied di Masjid Nur Alannur


Selesai Sholat Ied
Acara selanjutnya berlebaran ke rumah famili-famili di seputaran rumah sebagaimana yang rutin dilaksanakan door to door setiap kali lebaran. Untuk diketahui tradisi ini sudah berlangsung dari dulu dari saya masih SD. Agak ribet juga sih, sebenarnya lebih bagus dijadikan di satu rumah. Semua pada ngumpul toh orangnya itu ke itu juga. Nah, tahun depan gantian lagi di rumah yang lain, digilir begitu. Seperti arisan kalau di kota. Acara lebaran door to door ini kami ikutin sampai zhuhur aja. Karena rencananya sehabis zhuhur mau pergi berlebaran ke Rantonatas rumah Uda' adik satu-satunya ayah yang masih hidup.


Pelataran Masjid Nur Alannur - Panyabungan
Sehabis Zhuhur pun kami berangkat ke Rantonatas dengan mengendarai 2 mobil di dalamnya ada saya dan keluarga, kakak dan suami, adik dan keluarga serta abang juga dengan keluarga. Perjalanan di tempuh kurang lebih 1 jam berjarak sekitar 17 km dari rumah Panyabungan. Jalanan sedikit kecil dan berliku... jadi lama dech nyampenya. 

Setelah sampai di rumah Uda', beramah tamah, berziarah ke makam opung, mandi di sungai nan jernih dan makan, akhirnya malam pun tiba dan kami langsung berpamitan dan kembali ke rumah Panyabungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar